TUGAS 5
1.PERBEDAAN
PERDAGANGAN INTERNASIONAL DENGAN PEMASARAN INTERNASIONAL
Perdagangan internasional merupakan hubungan
kegiatan ekonomi antar negara yang diwujudkan dengan adanya proses pertukaran
barang dan jasa atas dasar suka rela dan saling menguntungkan. Perdagangan
Internasional juga dikenal dengan sebutan perdagangan dunia. Perdagangan
Internasional terbagi menjadi dua bagian yaitu impor dan ekspor, yang biasanya
disebut sebagai perdagangan ekspor impor.
Sedangkan Pemasaran internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Busines) merupakan keadaan dimana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Transaksi bisnis internasional ini pada umumnya merupakan upaya untuk memasarkan hasil produksi di luar negeri. Dalam hal semacam ini maka pengusaha tersebut akan terbebas dari hambatan perdagangan dan tarif bea masuk karena tidak ada transaksi ekspor impor. Dengan masuknya langsung dan melaksanakan kegiatan produksi dan pemasaran di negeri asing maka tidak terjadi kegiatan ekspor impor. Produk yang dipasarkan itu tidak saja berupa barang akan tetapi dapat pula berupa jasa
Sedangkan Pemasaran internasional yang sering disebut sebagai Bisnis Internasional (International Busines) merupakan keadaan dimana suatu perusahaan dapat terlibat dalam suatu transaksi bisnis dengan Negara lain, perusahaan lain ataupun masyarakat umum di luar negeri. Transaksi bisnis internasional ini pada umumnya merupakan upaya untuk memasarkan hasil produksi di luar negeri. Dalam hal semacam ini maka pengusaha tersebut akan terbebas dari hambatan perdagangan dan tarif bea masuk karena tidak ada transaksi ekspor impor. Dengan masuknya langsung dan melaksanakan kegiatan produksi dan pemasaran di negeri asing maka tidak terjadi kegiatan ekspor impor. Produk yang dipasarkan itu tidak saja berupa barang akan tetapi dapat pula berupa jasa
2. ALASAN
NEGARA MELAKSANAKAN BISNIS INTERNASIONAL
Adanya
spesialisasi antar negara , karena dalam hubungan negara dengan keunggulan atau
kekuatan tertentu beserta kelemahannya itu maka suatu negara haruslah
menentukan pilihan strategis untuk memproduksikan komoditi yang stategis yaitu
dengan melakukan pemanfaatan yang semaksimal mungkin terhadap kekuatan yang ternyata benar-benar paling
unggul sehingga dapat menghasilkan secara lebih efisien dan paling murah
diantara negara-negara yang lain dan menitik beratkan pada komoditi yang
memikilik kelemahan paling kecil diantara negara-negara yang lain .
Dan adanya pertimbangan pengembang bisnis , karena perusahaan yang bergerak di bidang tertentu dalam suatu bisnis didalam negeri seringkali lalu mencoba untuk mengembangkan bisnisnya ke luar negeri . Hal ini akan menimbulkan beberapa pertimbangan yang mendorong mengapa suatu perusahaan melaksanakan atau terjun ke bisnis internasional . Pertimbangan tersebut yaitu produk didalam negeri sudah mengalami tahapan penurunan sedangkan diluar negeri sedang berkembang.
Dan adanya pertimbangan pengembang bisnis , karena perusahaan yang bergerak di bidang tertentu dalam suatu bisnis didalam negeri seringkali lalu mencoba untuk mengembangkan bisnisnya ke luar negeri . Hal ini akan menimbulkan beberapa pertimbangan yang mendorong mengapa suatu perusahaan melaksanakan atau terjun ke bisnis internasional . Pertimbangan tersebut yaitu produk didalam negeri sudah mengalami tahapan penurunan sedangkan diluar negeri sedang berkembang.
3. FAKTOR
YANG MEMPENGARUHI BISNIS INTERNASIONAL
1. Untuk memenuhi kebutuhan barang dan
jasa dalam suatu negara
2. Keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
3. Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengoalah sumber daya ekonomi
4.Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut
5. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam , iklim , tenaga kerja ,budaya dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan peroduksi.
2. Keinginan untuk memperoleh keuntungan dan meningkatkan pendapatan negara
3. Adanya perbedaan kemampuan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam mengoalah sumber daya ekonomi
4.Adanya kelebihan produk dalam negeri sehingga perlu pasar baru untuk menjual produk tersebut
5. Adanya perbedaan keadaan seperti sumber daya alam , iklim , tenaga kerja ,budaya dan jumlah penduduk yang menyebabkan adanya perbedaan hasil produksi dan adanya keterbatasan peroduksi.
Comments
Post a Comment